Kenapa Cowok Brengsek Susah Dilupain?

Banyak banget orang nanya “kenapa”. Misalnya, “kenapa susah move on?”. Kadang gue gengges kalo ditanyain “kenapa”, soalnya emangnya lebih penting tau “kenapa” nya daripada “gimana caranya supaya move on sukses”? Apa emang beneran pada pengen tau “kenapa” nya? Terus emangnya abis tau alasan “kenapa” nya terus mau ngapain??

Kebetulan pertanyaan yang ini gue bisa sih jelasin “kenapa” nya. Kalo beneran mau tau, oke gue coba jelasin ya.

Jadi gini. Our newest brain, homosapien brain, atau disebut “neo cortex” bekerja untuk memproses semua pikiran analitik dan rasional, perintah sensorik, dan bahasa. Kenapa disebut “newest” brain? karna ini bagian yang paling mutakhir terbentuk dalam evolusi. bisa dibilang, ini “otaknya manusia modern”.

Masalahnya, neo-cortex yang sangat jago menganalisa dan membuat kesimpulan ini nggak bisa mengolah emosi dan perasaan.

Emosi dan perasaan dikelola oleh bagian otak yang lebih kuno lagi. Emotion and mood are buried deep in the most primordial parts of the brain. This part of the brain is said to be among the first to develop in the mamalian brain. (researchnya Paul D. MacLean) Nah bagian dari otak ini disebut LIMBIC SYSTEM.

Limbic sistem ini bertanggung jawab atas semua perasaan kita. Emotion, trust, loyalty, human BEHAVIOR, sometimes even decision making. Ini bagian otak yang bikin kamu baper, atau bikin kamu marah, gemes, sedih, dan lainnya. Otak inilah yang bertanggung jawab kalo kamu ngambil keputusan pake feeling. “Gut decisions” itu di sini.

Nah masalahnya, limbic system ini nggak punya kemampuan untuk memroses logika. Bagian otak ini nggak bisa memproses informasi rumit yang perlu nalar, karena itu kerjaannya neo cortex, bukan limbic system.

Dengan kata lain, sesuatu yang diproses pake perasaan (limbic sistem, bagian otak dari jaman purba) itu sering nggak pake logika (neo-cortex, bagian otak yang sudah newly developed). Karna bagian otaknya beda.

Karna itu, sesuatu yang langsung menyerang ke perasaan itu langsung nyerang bagian otak yang mengatur BEHAVIOR. Nge-skip proses logika. Makanya ada lagu, cinta kadang kadang tak ada logika. Makanya ada orang yg saking cintanya sama seseorang sampe ngebunuh. Ya karna ini. Because the part of the brain that controls FEELINGS doesn’t control COGNITION. Orang yang dibutakan oleh perasaan, nggak mampu memberdayakan nalar. paham sekarang?

Nah, itulah kenapa buat kamu cowok brengsek itu susah dilupain. Karena kamunya terlalu ngandelin otak manusia purba, kemakan perasaan, sampe-sampe “otak manusia modern” nya nggak bisa dipake. Jadi nggak logika.

Nah sekarang kamu udah tau “KENAPA” nya. Terus kamu mau apa abis itu?


Ask Me Anything on Ask.FM (Click Here)


 

Original Answer: https://ask.fm/RedZzdeLady/answers/142633819931

Answer Source:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=u4ZoJKF_VuA&t=937s
  2. https://how-emotions-are-made.com/notes/Neocortex_vs._isocortex
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Limbic_system
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Neocortex
Advertisements

One comment

  1. Lex dePraxis · September 21

    mantep penulisannya.. lam kenal ya kak! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s