Gakushudo atau Evergreen?

Jadi ceritanya, gw udah 2 tahun belajar bahasa Jepang. Tapi karena belajarnya via les private, perkembangannya agak lambat. Karna nggak ada temen ngobrol yang bisa ngajarin atau diajarin, buat latihan bareng, dan temen yang nanya pertanyan-pertanyaan yang mungkin nggak pernah gw kepikiran. Jadi ceritanya gw berniat untuk ikut les beneran, yang model model di kelas gitu.

Salah dua tempat les yang gw temuin lewat google adalah Gakushudo dan Evergreen. Mungkin ada beberapa tempat lain ya di Jakarta Selatan, tapi gw tinggal di Jakarta Barat (agak ke Utara) dan kerja di Utara. Jadi pilihan gw jatuh pada antara Gakushudo Pluit atau Evergreen di Pasar Baru. Terus, hari Senin yang lalu gw mampir ke dua tempat itu. Pertama ke Evergreen dulu, abis itu ke Gakushudo. Ntar di akhir post gw bakal tampilin summary perbandingannya ya antara Gakushudo & Evergreen.

1. Kursus Bahasa Jepang Evergreen

Gedungnya kayak gedung tua gitu. Dari masuk gang Kartini 2 aja udah langsung keliatan gedung warna ijo muda yang ada tulisan EVERGREEN gede gede di atasnya. Gampang ditemukan meski nggak di jalan besar.

Pas gw masuk, ada bapak-bapak yang duduk jagain di lt. 1 nya. Terus gw sapa gw bilang gw mau lihat-lihat kelasnya. Lalu dipersilahkan sama bapaknya untuk naik sendiri ke lt. 1 untuk lihat kelasnya.

Ruang kelasnya kayak ruang kelas SD Negeri gitu, tapi ber-AC sih. Mejanya meja kelas SD yang model panjang satu meja berdua, terus di depannya ada papan tulis. Nggak gw foto soalnya biasa aja sih. Gw juga lihat lihatnya cuman 1-2 menit, langsung turun lagi ke lt. 1. Kemudian gw duduk di depan si bapake dan ngobrol nanya-nanya.

Gw minta lihat buku yang dipake di kelas basic, kemudian dikasih lihat buku basic 1. Bukunya campuran bahasa dengan hiragana, nggak banyak kanji. Bapaknya ngejelasin kalo di basic 1, dari awal masuk itu mulai belajar dari hiragana a-i-u-e-o, jadi kalo udah belajar bahasa Jepang sebelumnya mungkin kurang tepat kalo masuk ke kelas basic 1.

Bapake ngejelasin juga, kalo mau masuk langsung ke tingkat lebih tinggi dari basic 2, boleh ambil test masuknya, tapi lebih baik belajar dulu sebelum tes. Soalnya, kalo belum belajar dan hasilnya kurang bagus dan masuk ke basic 1, nggak bisa loncat kelas.

Yak. Lanjut, gw pesen grab ke Pluit.

2. Gakushudo (Sekolah Bahasa Jepang & Manga)

Jadi gw dateng ke Gakushudo, tempatnya di deket Nano yang tempat pijet itu. Sempet salah gang tapi akhirnya nemu juga. Gedungnya kayak gedung ruko, depannya ada plang Gakushudo sama ada lampu tempel di temboknya tulisan Gakushudo. Pintu depannya khas Jepang banget, terus pas masuk, ada TV yang mainin lagu-lagu pop Jepang. Herannya, feeling gw ketika masuk itu kayaknya feelingnya Jepang banget gitu. Bukan cuma pintunya, tapi juga lagunya dan bahkan aromanya.

Ada mbaknya yang jaga di situ. Gw jelasin aja kalo gw sebelumnya udah telpon, cuman ini dateng mau lihat kelasnya sama buku yang dipake, dan mau tanya-tanya. Kemudian gw dikasih lihat ruangannya sama mbake. Ruangannya kayak ruangan kelas di EF. Bangkunya bangku model kuliahan gitu, yang mejanya kekecilan itu, tau kan? Yang meja sama bangku jadi satu. Terus ruang kelasnya juga diatur mbulet, gurunya di depan. Jadi satu kelas isinya antar 3-8 orang kata mbake.

Terus gw minta lihat bukunya. Bukunya ada enam. BANYAK BANGET YA ALLAH BUKUNYA ENAM GILA GIMANA BAWANYA. Satu buku isinya alfabet, tapi buku sisanya banyakan full 日本語. Ada satu buku khusus latihan menulis, satu buku khusus buat latihan membaca dan percakapan, dsb. Pokoknya lengkap kap kap. Kalo masuk ke Gakushudo kayaknya gw rela masuk dari kelas paling awal karena di buku basic 1 pun udah mulai belajar kanji.18622526_10211959198911224_2119499492544604001_n

Daaaaaaaan gw baru sadar kalo gw ternyata punya buku latihan N5 sama N4 terbitan Gakushudo. Jadi ternyata Gakushudo ini penerbit buku juga, dan bukunya udah banyak ada di Gramedia, gampang ditemuin, gambarnya anak kecil depannya cuman beda-beda warna dasarnya. Nih kayak gambar di samping ini. Pernah lihat?

Pantesan buku pelajaran di Gakushudo ini kelihatannya jauh lebih advanced dibandingkan Evergreen.

Kesimpulan

Selama gw di dua tempat itu gw sempet nanya cukup banyak hal-hal yang gw pengen tau, dan kayaknya informasinya udah cukup. Tinggal gw yang ambil keputusan aja. Dari dua tempat itu, berikut ini perbandingannya.

Evergreen Gakushudo Winner
Lokasi Pasar Baru,
Jadi sejalan pulang dari kantor.
Cabang di Pluit atau Gading.
Tapi kalo di Pluit muter jauh, kalo di Gading deket kantor tapi jauh dari rumah
Evergreen
Kualitas Tempat Gedungnya lebih besar, Ruang kelas lebih besar Mejanya kekecilan, nggak enak buat belajar. Evergreen
Kualitas Buku Banyak huruf alfabet dan bahasa Materinya lebih advanced Gakushudo
Guru Lokal Lokal
Murid Minimal SMA Minimal SMA
Harga ± 1,5juta untuk 3-4 bulan ± 3,3juta untuk 3 bulan Evergreen
Jam Belajar 1x seminggu, 3 jam 2x seminggu, 1,5jam Gakushudo
Kelas Malam Ada, jam 6-9
(Ga bisa makan malem dong)
Ada, jam 6-7.30 Gakushudo
Kelas Hari Sabtu Ada, tergantung level Ada, tergantung level
Keramahan Staff Informatif, interaktif, banyak ngasih tips Cuma jawab kalau ditanya Evergreen

Abis gw cerita ke Tomokun, dia nyaranin ke Evergreen aja. Karna harganya bisa setengahnya Gakushudo. Dia bilang coba ke Evergreen dulu aja, satu term, kalo ternyata nggak suka atau nggak cocok ntar baru pindah ke Gakushudo term berikutnya.

Akhirnya sih memang gw sekarang lebih cenderung ke Evergreen. Tapi yang bikin berat hati itu jam lesnya yang sekali les 3 jam, dan itu juga mulai jam 6 kelar jam 9. Apa nggak kelar juga otak gw berasep? Lol.

Advertisements

9 comments

  1. Lei · June 12

    Ci, post lagi yah klo udah nyoba kelasnya di evergreen. Kebetulan mau seriusin bahasa Jepang juga. Thank you

  2. RedZzdeLady · June 12

    Sippo. Kelas ku mulai tanggal 20an katanya. Tapi karna kepentok lebaran jadi mungkin bulan depan baru mulainya

  3. RedZzdeLady · July 13

    Hari Selasa kemarin aku baru ikut kelas Evergreen untuk pertama kali nya. First impression? Seru banget dibandingkan kelas private. Isi kelasnya hampir 20an orang, dan orang-orangnya aktif nanya. Jadi kelasnya asik dan hidup. Senseinya udah tua dan kayaknya agak agak galak, tapi belom keliatan karna baru satu kali kelas. Ntar ya kapan-kapan aku coba bikin blogpost review ya.

  4. siva · July 18

    Pakai test ngga kalau misal pertama kali masuk fi evergreen?

  5. RedZzdeLady · July 18

    kalo masuk di kelas basic paling dasar, nggak pake test. kalo udah pernah belajar sebelumnya, mau loncat ke level 2 atau lebih tinggi, pake test.

  6. Irma Yanti · July 29

    follow up terus yaa cii gimana keseruan les di evergreen 😀 tertarik ingin mencoba soalnya!

  7. Arakamu · August 21

    Ohayou Gozaimasu ..Dewillish.. Hajimemashite Watashi wa reza -desu, tks atas share pengalaman n summarynya ttg 2 tempat kursus nihonngo di jakarta.. kebetulan saya juga kahirnya memutuskan untuk nihonngo o evergreen ni benkyoshimasu… (hehe ) untuk kelas sabtu siang… mulai dari level pemula ..karena saya belum pernah belajar bahasa jepang secara formal sebelumnya ..

  8. RedZzdeLady · August 21

    Ohayou Gozaimasu, Reza-san! Senang bisa membantu. Saya juga di Evergreen, sekarang tingkat Dasar 2, kelas Selasa malam. Kebetulan saya diajar sama Chandra-sensei, yang nulis textbook Evergreen. Syulit. Tapi banyak belajar hal baru di kelas. Ja, ganbarimasyou! 🙂

  9. RedZzdeLady · August 21

    Hai~ Sudah diupdate yak, coba dicek di post berikut ini. Semoga bermanfaat~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s