penanganan sakit jiwa di indonesia

tadi pagi, shock ngeliat berita ini di timeline. sebagai seseorang yg punya concern di bidang kemanusiaan dan lingkungan, gw baca berita fotonya dan gw juga baca komen-komen di post ini. kemudian gw menyimpulkan sebagai berikut:
 
HAL-HAL PALING MUDAH UNTUK DILAKUKAN:
1. salahin aja pemerintah nya yg nggak peka, nggak ngurusin rakyat, korupsi, dlsb. seharusnya kan pemerintah yg bergerak, bukan kita.
2. ketik komen di post tentang betapa disgusting / wrong / inhuman / undignifying / barbaric nya situasi ini, terus pergi ngupil sampe bobo di kamar ber-AC.
3. bikin petisi di change.org, share sekali di fb, terus pergi ke mall, abisin 200ribu sekali makan malam.
 
HAL-HAL YG AGAK LEBIH SULIT UNTUK DILAKUKAN:
1. mengerti bahwa ini bukan 100% kesalahan pemerintah.
2. mengerti bahwa ini memang tidak benar, tapi untuk orang-orang yg mengalaminya, keluarga para korban sakit jiwa, dan orang-orang tersebut mungkin ini yang paling benar yang bisa mereka lakukan.
3. mengerti bahwa tidak banyak yang bisa kita lakukan, tapi taking the easier actions probably should be the last options.
 
gw ngabisin banyak waktu untuk reply komen-komen di post ini, karna gw merasa nggak adil banget mereka yang berada di developed country men-judge keadaan di negara yg masih setengah underdeveloped setengah developing kayak indonesia gini. kalau semua manusia di indonesia dan semua kampung-kampung sudah tersentuh internet, punya cukup pangan / sandang / papan, punya akses untuk pendidikan yg memadai, PASTI mereka juga tau kalau keadaan ini menyedihkan. PASTI mereka juga akan tau kalau perlakuan seperti ini untuk pasien sakit jiwa tidak proper dan tidak manusiawi.
 
masalahnya, daerah-daerah kecil terpencil di mana orang-orang hanya (mungkin) berpenghasilan (roughly) $150 per bulan, di mana makan aja susah, mereka nggak akan sibuk mikirin kemanusiaan kali. mungkin buat mereka, orang-orang sakit jiwa ini dirantai supaya nggak kabur bunuh diri atau bunuh orang lain. maybe for them this is the best option they have, the rightest thing they can do, tapi gue yakin mereka juga bukannya SENENG kali memperlakukan orang kayak gini. gimana pun juga semua orang tua pasti mau anaknya nggak sakit jiwa.
 
makanya gue ngabisin waktu reply-reply komen yang nyalahin pemerintah, yang bilang orang indonesia “heartless” and “ignorant”, yg bilang ini “disgusting”. gue setuju keadaan ini menyedihkan, tapi bukan karna orang Indonesia “membiarkan” dan/atau “mendukung” hal ini terjadi. situasi ini kan terjadi di mana juga gak jelas, mungkin di kampung yg jauh dari peradaban kota kali, mungkin di tempat yg nggak bisa dijangkau internet kali, mungkin kita mau bantu pun terbatas jalannya dan kita yang sama-sama di indonesia (tapi di more developed cities) aja KAGAK NGERTI gimana bantunya meskipun kita tau ini salah dan mau bantu.
 
YA APALAGI MEREKA YANG NGALAMIN YANG KAGAK TAU INI SALAH DAN HELPLESS DAN CLUELESS YA ELAH MASA HELPLESS DAN CLUELESS DIBILANG HEARTLESS DAN IGNORANT.
 
kan bikin emosi.
 
situasi ini menyedihkan, iya. pemerintah mustinya ngambil tindakan, iya. tapi kita juga baru aja dapet presiden baru yang lagi berusaha untuk majuin pembangunan di indonesia. satu per satu kali diurusnya. mentri kesehatan jg mgkn lagi ngurusin BPJS atau kartu indonesia sehat kali. mungkin. i don’t know, I DON’T KNOW, OKAY?
Tapi bisa, kan, nggak ngejudge mereka / kita orang Indonesia heartless, ignorant, disgusting?? NO ONE hopes for this to happen to these poor souls, okay? And everyone is just too clueless, helping helpless people in a way they think is the best they can do, okay? Stop the judging. If anything, you can just send your prayer. even though prayers most probably won’t affect them in any way but at least you’re thinking about them and that must mean something to them. motivation boost or something.
Until we find a way to donate, yang kalo kita juga yakin lembaga nya terpercaya dan nggak korup, BARU DEH kita donasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s