Speak English, Go Make History

While there are many other things yang pengen gue sharingin, tapi berhubung sekarang gw lagi di kantor, yang lagi up di kepala gw adalah tentang bahasa Inggris. Yup. As you might already know, gw saat ini sedang kerja di salah satu lembaga pelatihan bahasa Inggris yang terkenal, dan gw pinjem slogan kantor gw sebagai judul post gw kali ini. “Speak English, Go Make History.”

 

Gw sering denger ada orang2 yg bilang “pengen deh bisa bhs inggris biar bisa keliling dunia” atau “biar kalo ke Paris ga bingung” atau berbagai rangkaian alasan lainnya, for which I should say, is kind of non-sense.

 

Nggak semua negara di dunia menggunakan bahasa Inggris. For instance, Prancis. Kalau kamu ke Prancis hanya berbekal bahasa Inggris, sampe di sana ya gelagapan juga. Kalo istilahnya, “When you’re in Rome, do what the Romans do”, kalo prakteknya “When you’re in France, speak French”. Sama dengan banyak negara lain. Belanda, German, Russia mungkin, dan banyak negara Asia seperti Korea, Jepang, China.

 

Now you see, menurut gue orang-orang yang “pengen belajar bahasa Inggris supaya bisa keliling dunia” itu hanya orang-orang yang tidak tau seberapa luasnya dunia kita.

 

Bukan berarti gw bilang bahasa Inggris itu ga penting, menurut gw penting sekali bisa berbahasa Inggris. Okay, mungkin akan ada benefit yang dibawa untuk travelling jadi lebih mudah, mungkin aja, tapi itu bukan poin utamanya. Itu bukan keuntungan yang seharusnya dikejar, itu bukan keuntungan yang sebenarnya.

 

Terus apa donk keuntungannya menurut lo, Hen?

 

Gw merasakan sendiri enaknya bisa bahasa Inggris. Menurut gw, bisa bahasa Inggris itu kayak membuka banyak peluang di depan lo. Pintu-pintu kemungkinan, jendela pengetahuan, peluang, kesempatan, dan banyak lagi. Kebetulan gw suka baca buku, dan gw ga bisa lebih bersyukur lagi dari yang gw rasakan ketika gw bisa baca novel-novel seru berbahasa Inggris.

 

Jujur aja sebetulnya sebelumnya gw menghindari baca novel Inggris sih. Takutnya ga bisa, takutnya ga ngerti, takutnya berat, dan lain sebagainya. Sampe pas booming buku 50 Shades of Grey, gw penasaran buku apa itu, kenapa banyak yg ngomongin. Akhirnya gw beli dan itu pertama kalinya gw baca novel full Inggris. And it has always been that way since then.

 

Baru-baru ini temen gw rekomendasiin buku Mortal Instruments, kebetulan dia punya bukunya yg terjemahan ke bhs Indonesia. Aneh, tapi gw merasa ga nyaman bacanya. Selalu ngebayangin gimana padanan kalimatnya kalau dlm bahasa Inggris, supaya jadi lebih make sense buat gw. Mungkin sekarang gw dicap “tidak nasionalis”, but so be it. I love English language because it opens MANY opportunities for me. Entah kapan menjadi Indonesian Speaker bisa membawa rasa pride sebesar ini.

 

Selain buku, gw juga nonton film. Salah satu yang gw suka banget adalah “Perception”, TV Series USA tentang schizophrenic. Lalu ada juga comedy show, “Whose Line Is It Anyway?” dan lanjutannya, “Drew Carrey’s Improv-a-ganza”. Selain buku dan film, not to mention all those news I read about Eminem’s upcoming album. Dan rasa kepercayaan diri yang timbul ketika harus bicara dengan orang asing / bule. Dan bisa mengerti arti lagu-lagu berbahasa Inggris dan milih lagu mana yang layak dinyanyikan keras-keras dan tidak. Dan bisa mengerti banyak jokes lucu seperti Jeff Dunham, bisa nikmatin nonton Shary Lewis. Dan bisa nikmatin main game dengan beneran ngerti jalan cerita game nya….. Kalo bukan karna gw bisa bahasa Inggris, gw ga akan bisa nikmatin semua keuntungan ini.

 

I’m not going to say I’m lucky I can speak English. I earned it myself. Which means, kalo kamu mau, kamu juga bisa. Nggak harus di brand yg sama dgn yg gw tangani sekarang, bisa aja silahkan kalo mau les di tempat les lain. Atau kalau mau belajar sendiri. Atau kalau mau belajar sendiri, silahkan. Don’t you dare say you don’t want to learn English. Love yourself. Speak English. Go Make History.

One comment

  1. Hendy Irawan · October 4, 2013

    English is good.

    Of course, more than English is even better… Japanese, German, Arabic…. ^_^

    They say Spanish (or French?) is sexy 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s